Rabu, 30 Maret 2011

Menejemen Proses Dilinux Debian

Kernel Linux mengurusi pengelolaan perintah I/O, pengelolaan RAM, dan proses. Pada level terbawah kernel, terdapat fungsi-fungsi untuk mengendalikan penghentian proses.
Integrity check: membackup code
Sebagai penangkal, Microsoft menggunakan Kernel Mode Code Signature (KMCS) dalam Vista, yang hanya mengijinkan driver perangkat dengan digital signature. Kebanyakan driver mendapatkan signature dari Windows Hardware Quality Lab (WHQL), tetapi pengembang dapat memberi signature sendiri code buatannya.
Untuk itu dibutuhkan sebuah sertifikat yang berlaku. Author melengkapi code secara digital dengan sebuah nilai Hash (sidik jari), memberi signature dengan sebuah kunci pribadi dan menambahkan sertifikat serta Hash terenkripsi. Pada upaya load sebuah driver, Windows mendekripsi Hash yang ada dalam code de¬ngan kunci dalam sertifikat dan memeriksa, apakah hash cocok dengan code program.
Windows juga memeriksa, apakah sertifikat yang bersangkutan terkait dengan salah satu pusat sertifikasi utama yang terintegrasi dalam loader dan kernel Windows. Vista mode 32 Bit memang memeriksa driver signature, namun berbeda dengan modus 64 Bit yang mengijinkan driver tanpa signature di-load.
Secara umum, modul kernel dapat diberi digital signature di bawah Linux dan MacOS X. Teori ini juga berlaku bagi driver, tetapi dalam sistem operasi tidak ada check routine untuk itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar